Rabu, 21 Maret 2018

PERTEMUAN-1 DESAIN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA


APA ITU PENILAIAN OTENTIK ?
Kata otentik atau autentik didalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) merupakan bentuk adjektif, yang berarti dapat dipercaya;  asli; tulen; dan  sah. Sedangkan kata penilaian merupakan suatu proses mengukur ketercapaian suatu kompetensi belajar. sehingga dengan ini singkatnya kata penilaian otentik dapat kita artikan suatu penilaian yang dilakukan secara asli berdasarkan fakta dilapangan. Atau kita katakan penilaian apa adanya sesuai kenyataan.

Penilaian autentik (Authentic Assessment) adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penilaian autentik cenderung fokus pada tugas-tugas kompleks atau kontekstual, memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam pengaturan yang lebih autentik.

Penilaian autentik (authentic assesment) adalah suatu proses pengumpulan , pelaporan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik (Pusat Kurikulum, 2009)

MENGAPA PENTING PENILAIAN OTENTIK ?
Mengapa penting penilaian otentik. Karena penilaian tersebut mampu menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam rangka mengobservasi, menalar, mencoba, membangun jejaring, dan lain-lain.

Adapun  Penilaian dalam kurikulum 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Tujuan penilaian autentik:
(1) perencanaan penilaian peserta didik sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dan berdasarkan prinsip-prinsip penilaian,
(2) pelaksanaan penilaian peserta didik secara profesional, terbuka, edukatif, efektif, efisien, dan sesuai dengan konteks sosial budaya; dan
(3) pelaporan hasil penilaian peserta didik secara objektif, akuntabel, dan informatif

APA SAJA YANG DINILAI DALAM PENILAIAN OTENTIK?

Penilaian autentik mencakup tiga ranah hasil belajar yaitu ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan.  Adapun  Jenis-jenis penilaian yang dapat dilakukan  didalam penilaian otentik biasanya :
1.Penilaian Kinerja
Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian unjuk kerja dapat dilakukan dengan menggunakan daftar cek (check list), skala penilaian (rating scale).
2. Penilaian Proyek
Penilaian proyek (project assessment) merupakan kegiatan penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan oleh peserta didik menurut periode waktu tertentu. Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek. Untuk itu, guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis. Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian.
3. Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio bisa berangkat dari hasil kerja peserta didik secara perorangan atau diproduksi secara berkelompok, dan dievaluasi berdasarkan beberapa dimensi.
4. Penilaian Tertulis

Penilaian tertulis atas hasil pembelajaran tetap lazim dilakukan. Tes tertulis berbentuk uraian atau esai menuntut peserta didik mampu mengingat, memahami, mengorganisasikan, menerapkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, dan sebagainya atasmateri yang sudah dipelajari.

5. Penilaian sikap

Kunandar (2013:105) membagi lima jenjang proses berpikir ranah sikap, yaitu menerima atau memerhatikan, merespon atau menanggapi, menilai atau menghargai, mengorganisasi atau mengelola, dan berkarakter

6. Penilaian diri

Penggunaan teknik ini dapat memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian seseorang.  Keuntungan penggunaan penilaian diri di kelas antara lain:  1) dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik, karena mereka diberi kepercayaan untuk menilai dirinya sendiri;  2) peserta didik menyadari kekuatan darri kelemahan dirinya, karena ketika mereka melakukan penilaian, harus melakukan introspeksi terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya;  3) dapat mendorong, membiasakan, dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur dan objektif dalam melakukan penilaian.

7. Penilaian Produk

Penilaian produk biasanya menggunakan cara holistik atau analitik.Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk. Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan Kunandar (2013 : 299).

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PENILAIAN OTENTIK?

Penilaian autentik harus mampu menggambarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan apa yang sudah atau belum dimiliki oleh peserta didik, bagaimana mereka menerapkan pengetahuannya, dalam hal apa mereka sudah atau belum mampu menerapkan perolehan belajar, dan sebagainya.
Adapun langkah-langkah dalam melakukan penilaian otentik yaitu :
1.    Pilih salah satu KD dari tema atau topik bahasan mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu.
2.    Identifikasi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkandung dalam KD tersebut
3.    Tentukan jenis penilaian autentik yang sesuai dengan KD.
4.    Buat format penilaian autentik berdasarkan KD tema atau topik bahasan mata pelajaran (lihat lampiran: Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah)
5.    Buat instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang akan digunakan
6.    Buat pedoman penskoran (rubrik)
7.    Gunakan kata, pernyataan, atau kalimat sendiri sesuai dengan indikator turunan dari KD

Pertanyaan:
bagaimana menilai otentik dari tugas yang diberikan dirumah? bagaimana membedakan antara tugas yang dibuat sendiri oleh siswa atau yang dibantu orang lain?

7 komentar:

  1. penilaian otentik untuk tugas dirumah dapat menggunakan fortofolio. terkait apakah tugas itu dibuat sendiri oleh peserta didik atau tidak maka sebagai pendidik tentunya harus tau bagaimana kemampuan peserta didiknya jika dirasa tugas yang dibuat justru tidak sesuai dengan kemampuanyya maka dapat dipastikan bahwa tugas tersebut tidak dibuat sendiri

    BalasHapus
  2. menurut saya untuk tugas yang diberikan dirumah dapat menggunakan penilaian portofolio atau paper, sedangkan untuk mengetahui apakah siswa mengerjakan sendiri atau dibantu orang lain, dapat guru amati melalui pelaksanaan presentasi dikelas.

    BalasHapus
  3. penilaian otentik untuk tugas dirumah dapat menggunakan fortofolio. terkait apakah tugas itu dibuat sendiri oleh peserta didik atau tidak maka sebagai pendidik tentunya harus tau bagaimana kemampuan peserta didiknya jika dirasa tugas yang dibuat justru tidak sesuai dengan kemampuanyya maka dapat dipastikan bahwa tugas tersebut tidak dibuat sendiri

    BalasHapus
  4. penilaian otentik untuk tugas dirumah dapat menggunakan fortofolio. terkait apakah tugas itu dibuat sendiri oleh peserta didik atau tidak maka sebagai pendidik tentunya harus tau bagaimana kemampuan peserta didiknya jika dirasa tugas yang dibuat justru tidak sesuai dengan kemampuanyya maka dapat dipastikan bahwa tugas tersebut tidak dibuat sendiri

    BalasHapus
  5. Tugas di rumah dlm bentuk projek atau produk dapat melampirkan dokumentasi pembuatan berupa foto dan video. Untung tugas tertulis maka penilaian dengan portofolio (paper) dari kemampuan siswa menuliskan akan terlihat dibuat sendiri atau dengan bantuan orang lain.

    BalasHapus
  6. menurut saya untuk tugas yang diberikan dirumah dapat menggunakan penilaian portofolio atau paper, sedangkan untuk mengetahui apakah siswa mengerjakan sendiri atau dibantu orang lain, dapat guru amati melalui pelaksanaan presentasi dikelas dan minta siswa mengumpulkan foto atau vidio sesuai kejadian.

    BalasHapus
  7. Menurut saya tugas dirumah bisa silakukan dengan menggunakan penilaian portofolio sedangkan untuk mengetahui apakah siswa mengerjakan sendiri atau dibantu orang lain, dapat guru amati melalui pelaksanaan presentasi dikelas

    BalasHapus